Accor Hotel, Group Hospitality Raksasa Dunia

Accor Hotel, Group Hospitality Raksasa Dunia

Perusahaan Perhotelan Raksasa yang Kamu Belum Tahu

Headquarter Perusahaan AccorHotels

Accor Hotel, pernah dengar nama ini? Umumnya terdengar asing di telinga banyak orang, namun jika kita menyebutkan nama hotel-hotel seperti Ibis Hotel, Mercure, Novotel dan Pullman, maka terdengar banyak nama yang sudah familiar, yang mungkin juga sering kita kunjungi setiap bulannya.

Merupakan perusahaan multinasional dari Prancis yang mana memiliki, memanage dan membuat franchise hotel-hotel, resort dan tempat-tempat liburan. Accor Société Anonyme merupakan perusahaan perhotelan terbesar di Eropa dan nomor 6 di dunia, yang mana beroperasi pada 100 negara dengan jumlah lebih dari 4.800 hotel dan 280.000 karyawan dan karyawati di dunia.

Dari kelas Ekonomi hingga Luxury, Accor menyediakan semua kelas untuk semua kebutuhan, dari kebutuhan bagpacker sampai kebutuhan bisnis, serta juga untuk para petinggi dan selebriti yang ingin menginap di suatu negara.

Selain secara tradisional yaitu bangunan perhotelan, Accor juga mulai menuju ke era digital dengan aplikasinya yang bernama onefinestay yang konsepnya mirip dengan Airbnb yaitu untuk bagi para user yang ingin menyewakan rumah atau apartemennya untuk jangka pendek seperti harian atau mingguan dengan para user yang membutuhkan tempat menginap yang mudah dan murah.

Juga bergelut di bidang Event Organizer seperti menyediakan catering (Potel & Chabot) dan juga platformnya untuk industri catering yang membantu dalam bidang supply management (Adoria), dan Paris Society yang menyediakan jasa organisasi event and entertainment. Dan banyak lagi jasa seperti marketing, solusi bisnis, reservasi, dan lainnya.

Sejarah
Sebelum munculnya Accor, para pendirinya untuk pertama kali mendirikan Novotel pada tahun 1967 yang mana muncul atas ide Paul Dubrule dan Gérard Pélisson untuk membangun suatu grup perhotelan yang bertujuan untuk investasi dalam bisnis perhotelan agar perkembangan dunia perhotelan dapat bertumbuh dengan cepat dan dapat dimiliki secara independent atau personal, tidak hanya secara perusahaan dengan sistem franchise yang ada.
Merupakan konsep yang baru, yang mana menjadi pioneer dan model untuk banyak sistem perhotelan yang ada sekarang. Setelahnya pada tahun 1974 dibangunlah ibis Hotel pertama di Bordeaux, Prancis, yang merupakan versi ekonomis dari Novotel. Setelah mengakuisisi kepemilikan atas beberapa brand hotel dan restoran lainnya, Accor memasuki pasar Asia dengan dibukanya Novotel di Singapura.

Brand
Dengan strategi multi-brand-nya yang mengcover seluruh kelas, berikut daftar nama-nama brand yang dimiliki AccorHotels bersumber dari Wikipedia

Ekonomi : BreakFree, Ibis, Ibis Styles, Ibis Budget, Jo&Joe, hotelF1
Menengah : Mantra, Novotel, Mercure, Adagio, Mama Shelter, Tribe
Premium : Mantis, MGallery Hotel Collection, Art Series, Mondrian, SO/, Sofitel Legend, Orient Express, Pullman, Swissôtel, Angsana, 25 Hours, Hyde, Mövenpick, Grand Mercure, Peppers, The Sebel
Luxury : Raffles Hotels and Resorts, Banyan Tree Hôtels and Resorts, Delano, Fairmont Hotels and Resorts, SLS, Sofitel, The House of Originals, Rixos

Leave a Reply

Close Menu
×